Sabtu, 19 Mei 2012

Gerhana Matahari Besok 20 Mei 2012

Gerhana Matahari Besok 20 Mei 201220 Mei 2012 besok akan diawali dengan fenomena luar biasa dari matahari. Ya, gerhana matahari pertama di tahun 2012 ini diramalkan akan terjadi pada Minggu pagi, tepatnya saat matahari terbit, dan gerhana akan berakhir pada pukul 06.38 WITA.
Gerhana Matahari Besok 20 Mei 2012

Gerhana pada 15 Januari 2012 (Donald Chan/REUTERS)
WITA? Ya, sayangnya tidak semua wilayah dapat menikmati fenomena luar biasa ini. Peneliti utama astronomi dan astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan “fenomena ini terjadi sangat singkat dan kurang lengkap. Kecilnya presentase gerhana ini bahkan membuatnya kurang disadari masyarakat. “. Di Indonesia, gerhana hanya dapat terlihat di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Di Asia sendiri, hanya China dan Jepang yang beruntung, sementara di belahan dunia lain yang dapat menyaksikan fenomena ini adalah Pasifik Utara, dan AS.
Meskipun gerhana matahari bukanlah hal baru, namun tetap saja kejadian ini selalu berhasil menarik perhatian banyak orang. bagi anda yang berada di wilayah yang dapat melihat gerhana, disarankan untuk tidak melihat mathari secara langsung. Sebaiknya menggunakan kacamata pelindung untuk menghindari efek negatif dari gerhana, khususnya untuk mata. Karena, efek radiasi gerhana matahari bisa membuat kerusakan permanen terhadap retina mata, dan juga bisa menyebabkan kebutaan.
Gerhana Matahari Besok 20 Mei 2012
Wikipedia.com
Gerhana matahari adalah peristiwa dimana bulan melintas di antara matahari dan bumi. Pada saat melintas itulah bulan akan menghalangi sinar matahari, dan akan menghasilkan pemandangan yang sangat menarik dari bumi. Namun, seringkali tidak semua lokasi di bumi yang bisa melihat fenomena ini. Gambar di atas menunjukkan, titik Penumbra adalah lokasi dimana gerhana matahari dapat terlihat.
Lembaga antariksa milik Amerika, NASA, meramalkan bahwa di tahun 2012 ini akan terjadi beberapa gerhana. Pada 4 Juni akan terjadi gerhana bulan, lalu disusul gerhana Matahari total empat bulan setelahnya, tepatnya 13 November. Pada 28 November akan terjadi gerhana bulan penumbral. Memang normal dalam setahun terjadi lima sampai tujuh gerhana. Jadi, lingkari kalender anda (National Geographic Indonesia/gio). Demikian Informasi Mengenai Gerhana Matahari Besok 20 Mei 2012 Smeoga bermanfaat. Sumber ]
100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar